Selasa, Agustus 12, 2008

Keterampilan Dasar Seorang Guru (6)

Keterampilan Mengelola Kelas

Keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang optimal guna terjadinya proses pembelajaran yang selalu serasi dan efektif.

Guru perlu menguasai keterampilan ini agar dapat:
a. mendorong peserta didik mengembangkan tanggung jawab dalam berperilaku yang sesuai dengan tata tertib serta aktivitas yang sedang berlangsung;
b. menyadari kebutuhan peserta didik;
c. memberi respon yang efektif terhadap perilaku peserta didik.

Komponen keterampilan mengelola kelas yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah sebagai berikut.

a. keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan belajar yang optimal yang dapat dilakukan dengan cara:
1) menunjukkan sikap tanggap,
2) membagi perhatian secara visual dan verbal,
3) memusatkan perhatian kelompok,
4) memberi petunjuk yang jelas,
5) menegur secara bijaksana (tegas dan jelas bukan berupa ocehan/peringatan) dan membuat aturan,
6) memberikan penguatan bila perlu.


b. keterampilan yang berhubungan dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal. Keterampilan ini berkaitan dengan respon guru terhadap respon peserta didik yang berkelanjutan, seperti: adil, menandai dan menghentikan perilaku yang menyimpang, memberi penguatan.


Beberapa prinsip yang perlu diingat dalam menerapkan keterampilan mengelola kelas, yaitu:
a. kehangatan dan keantusiasan dalam melaksanakan pembelajaran dapat menciptakan iklim kelas yang menyenangkan,
b. penggunaan kata-kata atau tindakan yang dapat menantang peserta didik untuk berpikir,
c. penggunaan berbagai variasi yang dapat menghilangkan kebosanan,
d. keluwesan guru dalam melaksanakan pembelajaran perlu ditingkatkan,
e. penekanan pada hal-hal yang positif, penanaman disiplin diri sendiri


Tatmi
Guru & Praktisi PendidikaN
Belajar, belajar dan belajar
Source :
Sri Tatminingsih
tatmipur@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: