Selasa, November 04, 2008

MEMBANGUN INTEGRITAS

MEMBANGUN INTEGRITAS

Salah satu faktor utama yang membuat kita gagal meraih kesuksesan sejati adalah hancurnya Integritas. Padahal integritas inilah yang menjadi syarat utama dan pertama yang akan mengantarkan kita meraih kesuksesan sejati.

Nilai seseorang maupun masyarakat ditemtukan oleh integritasnya. Semakin tinggi integritas yang dimilikinya, akan semakin tinggi nilainya dihadapan Tuhan maupun manusia. Sebaliknya, semakin rendah integritas seseorang atau suatu bangsa semakin merosot pula nilainya dihadapan Tuhan maupun manusia. Nilai inilah yang dalam kehidupan sosial sering disebut sebagai martabat. Maka seberapa tinggi martabat kita tergantung seberapa tinggi tingkat integritas kita masing-masing. Karenanya, tidak ada cara lain untuk menjaga martabat kecuali dengan memelihara integritas.

Disisi lain, Integritas merupakan tuntutan fitrah, menjaga integritas berarti menjadikan hidup kita selaras dan sesuai dengan fitrah insaniah. Tidak ada kontradiksi antara pikiran, perasaan, perkataan dan perbuatan. Semuanya selaras dan sejalan. Buahnya, hidup akan terasa tenang dan tenteram, jauh dari rasa galau dan gelisah.

Integritas juga sesuai dengan hukum alam semesta. Tuhan menciptakan alam raya dengan benar. Tidak ada kekeliruan atau kesalahan sedikitpun. Lihatlah bagaimana matahari dan bulan beredar sesuai dengan orbitnya secara konsisten. Perhatikan bagaimana air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Udara begerak dari daerah yang padat ke area yang renggang. Semua berjalan sesuai dengan sunnah yang ditetapkanNya.

Maka berbuat benar dan bersikap jujur berarti memperoleh dukungan dari semua makhluk Tuhan. Karenanya orang yang punya integritas akan hidup dalam keselarasan dan harmoni dan jauh dari kontradiksi. Buahnya, hidup menjadi indah dan penuh kebahagiaan.

Dalam hidup keseharian, termasuk dalam dunia kerja dan bisnis, integritas merupakan faktor utama yang menetukan relasi antar manusia. Integritas akan melahirkan kepercayaan, sedangkan kepercayaan adalah faktor utama dalam hidup, termasuk dalam dunia kerja dan bisnis. Tidak akan ada transaksi bisnis apapun tanpa adanya kepercayaan. MOU, kontrak kerja, faktur, kwitansi dan sejenisnya hanyalah sekedar perangkat administrasi belaka. Semua itu baru bermakna bila ada kepercayaan diantara pihak-pihak yang bertransaksi.

Berbisnis dan bekerja tanpa kejujuran dan integritas sama artinya dengan menggali kuburan sendiri. Mendapat untung sesaat, setelah itu mati. Cepat atau lambat, bisnis seperti itu pasti akan hancur. Karena itu, kejujuran dan integritas harus menjadi sifat dan karakter utama para profesional dan pebisnis, karena hanya dengan itu ia bisa meraih kepercayaan dari orang lain, yang pada gilirannya akan menghasilkan keuntungan dan manfaat dan akhirnya kesuksesan sejati akan menjadi miliknya.


Semoga bermanfaat.

Salam IHSAN,


Source :
Ridwan Fadil
REKSA LEADERSHIP CENTRE
081317212141

Tidak ada komentar: