Jumat, Maret 14, 2008

SEKERAT ROTI BAKAR


Jam tiga siang ... lewat sedikit.

Saya sedang asyik menekuni pekerjaan di kantor. Tiba-tiba seperti disambar petir ... saya kepengen makan roti bakar. Iiih..aneh banget. Siang hari bolong begini kok kepengennya yang aneh-aneh ... Tapi kalau sudah kepengen...mau diapakan lagi ? Walaupun nggak ngidam ... tapi kalau kepengen ... walaaah ... seperti orang kebelet. Harus segera dilaksanakan.

Saya berusaha meredam keinginan yang membara. Eyalaaah ... bukannya reda, malahan pikiran yang membayangkan bentuk dan rasa roti bakar itu semakin meraja lela ... Membayangkan roti bakar yang ditaburi gula pasir. Membayangkan roti bakar pakai coklat mesyes. Membayangkan roti bakar pakai olesan kornet atau selai nenas .... hmmm . .. Alamaaaak ... kalo begini, bagaimana bisa konsentrasi kerja. Pikiran ini bolak balik membayangkan sekerat roti yang dibakar sampai agak-agak gosong ... waaah ... pasti sedap sekaleee ...

Lalu 'edan' saya kambuh ! Setengah berseru saya menanyakan kepada setiap orang yang ada di ruangan kerja, siapa yang tahu di mana ada penjual roti bakar. Ada yang bilang , di Blok M .... (bagus bangeeet ... kenapa nggak di Bogor sekalian ???). Ada yang bilang, mana ada orang jualan roti bakar siang-siang ... (bagus ... ini adalah peluang pasar yang harus digarap!). Ada yang menyahut, seumur-umur belum pernah lihat tukang jual roti bakar ... (Maksud looo???). Ada lagi yang mencoba mengingat-ingat ... "Kayaknya sih ada di belakang kantor !"

Nah ... ini dia. Kita memang perlu teman yang berfungsi sebagai mata-mata. Agen spionase khusus kuliner. Di mana-mana ada matanya . Berguna 24 jam sehari.

Jadilah...saya meminta tolong seorang OB kantor untuk mencarikan roti bakar idaman. Dengan pesanan khusus : Belikan dua macam. Satunya coklat. Satunya Kornet. Kalau nggak ada kornet, ya ganti sama kacang aja. Pokoknya jangan pake keju ! (soalnya kejunya sering cuma rasa tepung asin doang ... ajaib !).

Lama juga Mas OB pergi...Saya sudah bolak balik ke luar masuk kandang kubikel tempat kerja saya. Melirik-lirik kalau si roti bakar sudah tiba di tempat. Lama yaa ??? Begitu deh kalau menunggu. Semenit serasa seminggu ... Huaaah ...!!! Dan tiba-tiba ... si roti dalam bungkusan kertas sudah ada di meja saya. Tapi .. hmmm ... tunggu sebentar ... mesti pengumuman dulu nih ke teman-teman. Soalnya kalau nggak diumumkan, bisa terjadi huru hara ....

"Hoooi ... siapa mau roti bakar niiih ...??"

Hmmm ... dalam hitungan detik ... beberapa kepala berikut tangan-tangan yang menjulur sudah menggeroti roti bakar yang sudah terpotong-potong seperti dimutilasi. Dan dalam hitungan detik pula kerat-kerat roti itu sudah licin tandas ... tinggal remah-remah dan bungkus kertasnya ... hehehe ... Teman-teman saya ini memang hebat. Luar biasa rasa solidaritasnya ... terutama dalam hal menyapu bersih makanan dari meja saya ... (kadang kepikiran juga siiiih ... mereka ini masih memiliki darah ikan piranha atau apa?). Nah, disini kan ketahuan ... siapa yang kepengen ... siapa yang menyerbu ???

Ngomong-ngomong soal roti bakar, sejarah hidup saya bersama dengan roti bakar juga cukup panjang. Dari mulai roti bakar jadul yang cuma dilumuri mentega dan gula pasir, sampai roti bakar yang diisi segala kornet, telur, ikan sarden kalengan, ikan tuna kalengan, ayam rebus ... pokoknya apa saja. Saya doyan roti bakar segala isi. Saya juga nggak menolak roti bakar kapan saja. Gileee ... Kalo doyan mestinya nggak segitunya, yaaa ...

Ketika masih kecil dulu, ibu saya sering banget membuat roti bakar untuk bekal saya ke sekolah. Dengan roti tawar yang lebar, diolesi mentega, dan ditaburi gula pasir yang kasar lalu dibakar di atas kompor ... he he he. Rasanya agak pahit-pahit gitu...rasa gula yang terbakar seperti karamel, campur aroma minyak tanah sedikit ... Hmmm ... tapi sedap jugalah ...

Barangkali itu juga yang menyebabkan saya doyan banget makan roti bakar. Tapi enaknya sih roti bakar ala pinggir jalan. Bukan roti bakar ala Kafe atau Restoran. Kalau kata teman saya, roti bakar yang kelewat higienis nggak terasa nikmatnya. Lagi pula, kalau roti bakar pinggir jalan bisa dipesan sesuai dengan keinginan. Bener-bener customized. Satu lembar roti diisi tiga macam campuran juga boleh. Pokoknya sepuasnya ... Se-mblengernya ... he he ..

Jadi inget niiih ... jaman kuliah dulu. Kalau selesai belajar bareng, biasanya kami akan nongkrong di dekat kampus ITB, di jalan Tamansari ... Duduknya di pinggir selokan ... sambil selonjoran ... Makannya roti bakar. Minumnya air jeruk panas ... waaah ... sedap nian ... Biasanya kami bisa nongkrong dan ngobrol dari jam 10 malam sampai menjelang dinihari ... he he he ... (sampai hari ini saya heran...ngomongin apa aja siiih ???).

Untunglah tradisi roti bakar masih berlanjut hingga kini. Kadang-kadang kalau kangen dengan suasana tempo doeloe ... saya akan datang ke Bandung dan mulai lagi berburu roti bakar ... masih dengan sahabat lama yang dulu ... Asyiiikkk ...!!!

Cerita yang terajut dengan iringan roti bakar pasti seru banget. Dari mulai cerita nostalgia masa lampau (yang pasti off the record dan nggak bakal masuk ke dalam Buku Otobiography. .). Cerita masa kini termasuk segala gosip yang nggak penting. Dan cerita masa depan yang lebih banyak khayalan dan angan-angan ... sambil nggak dipikirin gimana cara untuk mewujudkannya ... ha ha ha ... Tapi buat saya, gosip ala roti bakar itu justru menjadi ladang inspirasi.

Urusan roti bakar memang urusan pergaulan. Nggak ada roti bakar tanpa pergaulan. Nggak ada pergaulan tanpa roti bakar. Itu kata saya, lho ... he he ... Roti bakar ini memang enak dimakan kapan saja. Bisa online 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 12 bulan setahun ... hiks hiks ... Mau dimakan pagi hari buat BF ya, oke juga. Makan siang pake rotbak ... gak salah ... Dimakan sore hari sembari ngopi ... paling top. Dan the last ... buat romantic dinner juga asyik punya ... bisa menjadi paket kemesraan ... murah meriah .. dan hangat !!!

Kembali ke meja kerja saya.

Remah-remah bekas roti bakar masih tersisa sedikit. Saya tersenyum melihat sisa perebutan kekuasaan di atas kertas pembungkus tadi. Roti bakar memang hanya sekedar roti yang dipotong-potong agar mudah dibagi. Tapi sepotong roti bakar adalah sebuah ikatan persahabatan yang abadi sepanjang jaman ...

Jakarta, 31 Januari 2008
Di penghujung malam ...

Ietje S. Guntur

Special note : Thanks buat teman-teman di BDI ... juga buat teman yang jauh dimata tapi selalu teringat kalau sudah ngomongin soal roti bakar ..

::BCA::
From : "IETJE SRI UMIYATI GUNTUR" ietje_guntur@bca.co.id

Posted Thu Jan 31, 2008 10:31 pm (PST)

Tidak ada komentar: